Kesehatan Lansia

Lansia adalah periode dimana organisme telah mencapai kemasakan dalam ukuran fungsinya dan juga telah menunjukkan kemunduran sejalan dengan waktu. Menjadi tua merupakan keuntungan, bukan menimbulkan masalah, karena itu diperlukan upaya peningkatan dan pemantapan upaya pelayanan kesehatan di semua sarana pelayanan kesehatan dasar. Untuk menjamin pelayanan kesehatan bagi kelompok lansia ini telah ditetapkan di dalam Permenkes nomor 43 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Kabupaten/Kota.

Dalam SPM nomor 7 disebutkan bahwa setiap WNI usia 60 tahun ke atas mendapatkan pelayanan skrining kesehatan sesuai standar. Standar skrining kesehatan lansia meliputi : deteksi hipertensi melalui pengukuran tekanan darah, deteksi diabetes mellitus melalui pengukuran kadar gula darah, deteksi kolesterol dalam darah dan deteksi gangguan mental emosional dan perilaku termasuk kepikunan.

Sasaran langsung program lansia di puskesmas adalah pra lansia (usia 45-59 th), usila (60-69 th) dan usila risti (> 70 th/60 th dengan masalah kesehatan), sedangkan sasaran tidak langsung adalah keluarga dimana lansia itu berada, masyarakat dilingkungan lansia, organisasi sosial yang bergerak dalam pembinaan kesehatan lansia, petugas kesehatan dan masyarakat luas.

Pelayanan kesehatan lansia di puskesmas Kabupaten OKU termasuk dalam upaya kesehatan perorangan (UKP) yang dilaksanakan di dalam gedung puskesmas dan upaya kesehatan masyarakat (UKM) di luar gedung melalui posyandu lansia dan kunjungan rumah lansia risti. Sampai saat ini jumlah posyandu lansia di Kabupaten OKU sebanyak 266 posyandu yang tersebar di 13 kecamatan.

Posyandu lansia merupakan suatu wadah untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pembinaan kepada kelompok usia lanjut di suatu wilayah dengan melibatkan peran serta aktif masyarakat melalui kader kesehatan dan kerjasama lintas program dan lintas sektor dalam rangka untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat pada umumnya dan kususnya kelompok usia lanjut.( Dep kes RI 2005 )

Tujuan umum program lansia di puskesmas adalah meningkatkan derajat kesehatan dan mutu kehidupan lansia untuk mencapai masa tua yang bahagia, berdaya guna dalam kehidupan keluarga dan masyarakat. Sedangkan tujuan khusus adalah :
  1. Meningkatkan kesadaran para lansia untuk memelihara kesehatan sendiri.
  2. Meningkatkan kemampuan dan peran serta keluarga dan masyarakat dalam menghayati dan mengatasi kesehatan lansia.
  3. Meningkatkan jenis dan jangkauan pelayanan lansia.
  4. Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan lansia.

Berbagai inovasi program pelayanan kesehatan lansia di Kabupaten OKU tahun 2018 telah dilakukan dan dipublikasikan pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke 22 tahun 2018 dalam bentuk poster. Poster yang diikutsertakan dalam lomba ini mendapatkan apresiasi dari Dirjen Pelayanan Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada Bulan Mei 2018. Semoga inovasi yang telah dilakukan oleh petugas di puskesmas ini dapat dirasakan dan memberi manfaat bagi kesehatan lansia di Kabupaten OKU