Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54 Kabupaten Ogan Komering Ulu Tahun 2018

Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November, baik ditingkat pusat maupun daerah. Peringatan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2018 juga diperingati hari ini di Kabupaten Ogan Komering Ulu yang diselenggarakan di halaman Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu dihadiri oleh berbagai unsur muspida di wilayah Pemerintahan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional ini di pimpin oleh Bapak Dr. Drs. H. Achmad Tarmizi, SE,MT,M.Si selaku Sekda Kab. OKU.

Tema Hari Kesehatan Nasional tahun 2018, yaitu “Aku Cinta Sehat”, dengan subtema HKN 2018 adalah,“Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”.  “Tema HKN 2018 sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup,” demikian kata Menteri Kesehatan Prof. Dr.dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) dalam sambutan yang dibacakan oleh Pembina Upacara.

Ayo hidup sehat, mulai dari kita merupakan slogan yang harus kita gaungkan dan laksanakan sebagai insan kesehatan. “Mulai dari kita” akan dapat mengubah wajah kesehatan Indonesia apabila dilakukan oleh seluruh masyarakat di negeri ini. “Peringatan HKN ke-54 merupakan momentum untuk mengubah upaya kesehatan bersifat kuratif menjadi preventif dan promotif. Mengubah gaya hidup menjadi hidup sehat dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

Ia menambahkan,” Saya menghimbau masyarakat agar membiaskan diri mengonsumsi beragam sayur dan buah nusantara. Makan sayur dan buah merupakan salah satu upaya perilaku hidup sehat yang saat ini kita galakkan dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).”

 

Acara ini dimeriahkan Marching Band dari SMA Taruna Tunas Bangsa Baturaja dan Paduan Suara dari STIKES Al-Ma’arif Baturaja

 

Dalam peringatan ini juga dibacakan Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan oleh 19 Kepala Desa di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu, dilanjutkan penandatanganan Pernyataan Deklarasi oleh 19 Kepala Desa tersebut dan penyerahan Piagam Penghargaan Desa Stop Buang Air Besar sembarangan. (Gambar : Medianers, Editor : RW)