4 UPTD Puskesmas Kabupaten OKU Disurvei oleh Tim Surveyor Akreditasi FKTP

Empat UPTD Puskesmas di Kabupaten OKU mendapat kunjungan Tim Surveyor Akreditasi  FKTP mulai tanggal 5 sampai dengan tanggal 10 November 2018. Ke-empat UPTD Puskesmas tersebut adalah UPTD Puskesmas Lubuk Rukam, UPTD Puskesmas Pengandonan, UPTD Puskesmas Ulak Pandan dan UPTD Puskesmas Sekarjaya.

Survei Akreditasi  merupakan puncak  dari seluruh rangkaian kegiatan  persiapan Akreditasi Puskesmas, juga merupakan titik awal kegiatan perbaikan mutu, kinerja dan keselamatan pasien  di puskesmas secara berkesinambungan.

Tim Surveyor disambut oleh Tim Penari dari Puskesmas

Kegiatan peningkatan mutu di puskesmas secara berkesinambungan ini menjadi tanggung jawab Kepala UPTD Puskesmas dibantu oleh  Ketua Tim Mutu, Ketua Audit Internal,  KepalaTata Usaha (Penanggung Jawab Admen), Penanggung Jawab UKM dan Penanggung Jawab UKP serta seluruh karyawan yang ada di puskesmas.

Penyerahan kendali Puskesmas kepada Ketua Tim Surveyor selama kegiatan survei berlangsung

Dalam sambutannya Ketua Tim Surveyor menyampaikan bahwa pada tahun 2019 nanti, semua puskesmas di Indonesia harus sudah terakreditasi. Kehadiran Tim Surveyor di Puskesmas bertugas untuk memotret sudah sejauh mana kegiatan peningkatan mutu di puskesmas dilaksanakan, sedangkan keputusan kelulusan ada ditangan Komisi Akreditasi FKTP. Menurut Tim Surveyor kegiatan survei akreditasi pada saat  ini belum merupakan penilaian sepenuhnya, akan tetapi 75 % masih berupa pembinaan dan 25 % berupa penilaian.

UPTD Puskesmas Lubuk Rukam dan UPTD Puskesmas Ulak Pandan  berkesempatan mendapatkan pembinaan dari Tim Surveyor yang terdiri dari drg. Frisdawati Amran Boer, MM (Admen), Novi Franika, SKM, M. Kes (UKM) dan dr Wildan Amran Hasibuan, M. Kes (UKP).

Foto bersama karyawan Puskesmas dengan Tim Surveyor

Agar kegiatan administrasi dan manajemen di Puskesmas berjalan sesuai dengan standar, Pimpinan dan Pokja Admen harus memahami  PMK 75/tahun 2014 tentang Puskesmas, PMK 44/2016 tentang Pedoman Manajemen Puskesmas, memahami pemenuhan elemen pada instrumen akreditasi, memahami proses P1-P2 dan P3 serta memahami upaya untuk  mencapai pemenuhan target pelayanan, demikian pesan yang disampaikan oleh Surveyor Admen drg. Frisdawati Amran Boer, MM.

Tim Surveyor bersama Lintas Sektor di UPTD Puskesmas Ulak Pandan

Diharapkan UPTD Puskesmas yang telah disurvei dapat mengambil manfaat dari kunjungan Tim Surveyor Akreditasi ini dan tidak menganggap kegiatan ini merupakan akhir dari kerja keras selama ini yang telah dilakukan untuk menyiapkan akreditasi puskesmas. Istirahat sesaat untuk menghilangkan ketegangan dan memulihkan tenaga boleh dilakukan, akan tetapi rencana program mutu tetap harus dilakukan sesuai jadwal agar ketika tiga tahun yang akan datang saat dilakukan survei re-akreditasi, puskesmas  tidak mengalami kesulitan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. OKU menutup kegiatan Survei Akreditasi di UPTD Puskemas Ulak Pandan

Semoga upaya yang telah dilakukan oleh seluruh karyawan puskesmas ini dapat  membuahkan hasil  sebagaimana yang diharapkan, karena hasil tidak pernah mengkhianati proses.