Staf Sekretariat Dinas Kesehatan Mengikuti Bimbingan Teknis Keamanan Sistem Informasi dan Komunikasi Intra Pemerintah

Keamanan jaringan adalah suatu cara atau suatu system yang digunakan untuk memberikan proteksi atau perlindungan pada suatu jaringan agar terhindar dari berbagai ancaman luar yang mampu merusak jaringan. Tujuan membuat keamanan jaringan adalah untuk mengantisipasi resiko jaringan berupa bentuk ancaman fisik maupun logik baik langsung ataupun tidak langsung yang dapat mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung dalam jaringan.

Untuk meningkatkan pengetahuan petugas dalam bidang keamanan jaringan, hari ini 2 orang staf Sekretariat Dinas Kesehatan Kabupaten OKU mengikuti Pertemuan Bimbingan Teknis Keamanan Sistem Informasi dan Komunikasi Intra Pemerintah yang diadakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ogan Komering Ulu yang dihadiri dari berbagai SKPD. Pertemuan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Dr.Drs. H. Achmad Tarmidzi, SE,MT,M.Si.

Drs. Januar Efendi sebagai Narasumber pertemuan Bimbingan Teknis Keamanan Sistem Informasi dan Komunikasi Intra pemerintah.

 

Alasan Keamanan Jaringan Penting

1. Dapat menjaga informasi dari orang yang tidak berhak mengakses.
Contoh : data-data yang sifatnya pribadi (seperti nama, tempat tanggal lahir, social security, number, agama, status perkawinan, penyakit yang pernah diderita, nomor kartu kredit, dan sebagainya).

2. Informasi tidak boleh diubah tanpa seijin pemilik informasi.
Contoh : e-mail di intercept di tengah jalan, diubah isinya, kemudian diteruskan ke alamat yang dituju.
3. Berhubungan dengan ketersediaan informasi ketika dibutuhkan.
Contoh : dimana server dikirimi permintaan (biasanya palsu) yang bertubi-tubi atau permintaan lain atau bahkan sampai down, hang, crash.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Kapolres, Komandan Kodim, Kepala Inspektorat dan Kepala Bapedda serta pakar IT dari Pemerintah Kabupaten OKU Kota dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Materi yang dibahas dalam pertemuan ini antara lain :

  1. Mengenal ancaman keamanan jaringan.
  2. Resiko penggunaan jaringan.
  3. Keamanan pada sistem jaringan.
  4. Aspek keamanan jaringan.
  5. Metode keamanan jaringan.
  6. Elemen dan syarat keamanan jaringan.

Tidak ada  jaringan yang anti sadap, atau tidak ada jaringan yang benar-benar aman. Karena sifat jaringan adalah melakukan komunikasi, dan setiap komunikasi dapat jatuh ke tangan orang lain dan disalah gunakan. Oleh sebab itu keamanaan jaringan sangatlah dibutuhkan.

(Alen Trisnawati, SKM . Editor : RW)