Catatan Dari Workshop Emo Demo Untuk Peningkatkan Kapasitas Tenaga Promotor Kesehatan

 

Promosi kesehatan memegang peran penting dalam penguatan kesehatan masyarakat terutama dalam hal perubahan perilaku sehat. Upaya promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat merupakan ujung tombak dalam peningkatan kesehatan masyarakat yang membutuhkan upaya kolaboratif baik dari sektor kesehatan maupun non kesehatan. Oleh karena itu kapasitas tenaga promosi kesehatan perlu ditingkatkan untuk menguatkan upaya promotif dan preventif di bidang kesehatan masyarakat.

Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI) Pengurus Daerah Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan PPPKMI Pusat untuk meningkatkan kapasitas tenaga promosi kesehatan di Sumatera Selatan, adalah mengadakan kegiatan Workshop Emo Demo untuk Peningkatan Kapasitas Tenaga Promosi Kesehatan tentang Perubahan Perilaku Sehat yang diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 3 s/d 4 Agustus 2018 di Hotel Horison Ultima Palembang.

Agar bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan ini, jabfung PKM yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten OKU juga ikut menjadi peserta workshop tersebut. Salah satu hal yang dibahas pada workshop ini adalah pentingnya Tenaga Penyuluh Kesehatan Masyarakat (sekarang disebut Tenaga Promosi Kesehatan) memiliki Surat Tanda Registrasi. Surat Tanda Registrasi (STR) adalah bukti tertulis yang diberikan oleh konsil masing-masing Tenaga Kesehatan kepada Tenaga Kesehatan yang telah diregistrasi. STR sangat penting baik bagi tenaga kesehatan yang bekerja di fasilitas kesehatan, maupun bagi fasilitas kesehatan tempat dimana tenaga kesehatan tersebut bekerja.

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 tahun 2013 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan Pasal 2 disebutkan bahwa :

(1) Setiap Tenaga Kesehatan yang akan menjalankan praktik dan/atau pekerjaan keprofesiannya wajib memiliki izin dari Pemerintah.

(2) Untuk memperoleh izin dari Pemerintah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diperlukan STR.

(3) STR sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dikeluarkan oleh MTKI dan berlaku secara nasional.

Catatan penting yang diperoleh dari kegiatan workshop Emo Demo yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Promotor dan Pendidik  Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI) tersebut antara lain adalah bahwa MTKI telah mengeluarkan Surat tanda Registrasi khusus bagi Tenaga Promosi Kesehatan berdasarkan Surat Keputusan MTKI Nomor : HK.02.04/MTKI/0006/2017, sehingga bagi ASN yang menduduki jabatan fungsional penyuluh kesehatan masyarakat harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) Tenaga Promosi Kesehatan Masyarakat, bukan STR Ahli Kesehatan Masyarakat.

Untuk itu bagi yang belum memiliki STR Tenaga Promosi kesehatan tersebut harus segera mengajukan permohonan kepada MTKI agar diterbitkan STRnya.

Dapat diinformasikan bahwa untuk mengajukan permohonan STR harus dilakukan secara kolektif dan diverifikasi oleh pengurus cabang organisasi profesi  PPPKMI di kabupaten. Untuk pengajuan STR sampai dengan bulan Desember 2018 masih bisa menggunakan jalur non uji kompetensi, sedangkan setelah tahun 2019, pengajuan STR baru bisa dilakukan setelah tenaga kesehatan yang bersangkutan lulus uji kompetensi (memiliki sertifikat kompetensi sebagai tenaga promosi kesehatan).

Mengingat kondisi saat ini PPPKMI Cabang Kabupaten OKU belum terbentuk, agar pengajuan STR tenaga promosi kesehatan tidak terhambat, maka PPKMI Cabang kabupaten OKU harus segera dibentuk .

Syarat utama bagi ASN Penyuluh Kesehatan Masyarakat atau calon Penyuluh Kesehatan Masyarakat yang ingin mengajukan STR Tenaga Promosi Kesehatan harus menjadi anggota PPPKMI terlebih dahulu. Persyaratan pendaftaran keanggotaan adalah mengisi formulir pendaftaran dilampiri (1) foto kopi kartu identitas (KTP/SIM) yang masih berlaku, (2) pas foto berwarna ukuran 2X3 sebanyak 3 lembar, (3) bukti pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp. 400.000,- . Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Grup Promotor Kesehatan OKU via WA 0812-7843-8337.