RAPAT KOORDINASI TINGKAT KABUPATEN OGAN KOMERING ULU PROGRAM FILARIASIS ( KAKI GAJAH ) TAHUN 2018

Filariasis ( Penyakit Kaki Gajah ) adalah penyakit menular menahun yang disebabkan oleh cacing Filaria yang menyerang saluran dan kelenjar getah bening. Penyakit ini dapat , merusak system limfe menimbulkan pembengkakan pada kaki, tangan, payudara, buah zakar hingga menyebabkan kecacatan seumur hidup serta stigma social bagi penderita dan keluarganya.

Dinas Kesehatan Kab. OKU mengadakan Rapat Koordinasi Filariasis Tingkat Kabupaten OKU bertempat di Ruang Rapat Abdi Praja Setda OKU, senin 20 juli 2018. Rapat ini dibuka oleh Bupati OKU DRS. H. Kuryana Aziz yang diwakili oleh Sekda OKU Dr Drs H Ahcmad Tarmizi SE MT Msi. Dalam sambutannya Sekda menampaikan melalui kegiatan ini peserta diharapkan bisa menyampaikan kepada keluarga dan masyarakat sekitarnya tentang pentingnya pencegahan penyebaran penyakit Filariasis.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan OKU H Husni Thamrin, SE MM dalam sambutannya mengatakan salah satu upaya percepatan untuk mencapai eleminasi Filariasis adalah dengan dilakukannya Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA). Kabupaten OKU bukanlah daerah endemis filariasis, tetapi sebagai antisipasi untuk mencegah penyebaran penyakit filaria perlu dilakukan pelaksaan Pemberian Obat Pencegahan Masal (POPM) filariasis secara serentak.

    

 

Di kabupaten OKU BELKAGA dimulai dari tahun 2015-2019, tahun ini 2018 adalah tahun ke empat pelaksanaan POPM di Kabupaten OKU. Di tahun 2017 cakupan POPM Kabupaten OKU mencapai 95% diatas target Nasional yaitu 65%. Kepala Dinas Kesehatan berharap ditahun 2018 dan 2019 POPM Filariasis di Kabupaten OKU bisa mencapai cakupan 100% sasaran.

Rapat koordinasi Filariasis ini dihadiri oleh DANDIM OKU, Kapolres OKU, Kejari OKU, Ketua Pengadilan OKU, Kepala Kemenag OKU, Asisten I Asisten II Asisten III Setda OKU, perwakilan RTI Indonesia, Perwakilan WCC Propinsi Sumatera Selatan, Camat seKabupaten OKU, seluruh Direktur Rumah Sakit yang ada di Baturaja, Ketua IDI, dan seluruh Kepala Puskesmas seKabupaten OKU.

 

 Pada rapat ini juga diadakan penandatanganan kesepakatan dukungan bersama dalam rangka Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA) di Kabupaten OKU. Adapun Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA) akan dilaksanakan serentak di Kabupaten OKU pada bulan Oktober 2018. (Amrina Yulita)