SISTEM PENCATATAN DAN PELAPORAN TERPADU PUSKESMAS (SP2TP)

Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (SP2TP) merupakan kegiatan dan pelaporan Puskesmas secara menyeluruh dengan konsep wilayah kerja Puskesmas, dengan tujuan agar semua data hasil kegiatan Puskesmas dapat dicatat serta dilaporkan ke jenjang di atasnya sesuai kebutuhan secara benar, berkala dan teratur, guna menunjang pengelolaan upaya kesehatan masyarakat.

Pencatatan kegiatan harian program puskesmas dapat dilakukan di dalam dan di luar gedung. Pencatatan yang dibuat di dalam gedung puskesmas adalah semua data yang diperoleh dari pencatatan kegiatan harian program yang dilakukan dalam gedung puskesmas seperti tekanan darah, laboratorium, KB dan lain-lain. Pencatatan yang di buat luar gedung Puskesmas adalah data yang dibuat berdasarkan catatan harian yang dilaksanakan di luar gedung Puskesmas seperti kegiatan kesehatan lingkungan, UKS dan lain-lain. Pecatatan harian masing-masing program Puskesmas dikombinasi menjadi Laporan Terpadu Puskesmas atau Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (SP2TP).

Salah Satu Data yang dihasilkan dari Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (SP2TP)  adalah Data 10 penyakit terbanyak seperti grafik dibawah ini:

 

10 Penyakit Terbanyak di Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Tahun 2017

Dalam proses pengumpulan data SP2TP di Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, kendala yang dihadapi adalah keterlambatan petugas SP2TP Puskesmas menyerahkan laporannya kepada Petugas Pengelola SP2TP Kabupaten karena belum memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal.

Semoga saja untuk tahun berikutnya pengumpulan data di puskesmas bisa dilakukan dengan cara menggunakan aplikasi yang tepat sehingga bisa mempermudah petugas puskesmas dalam pengumpulan data setiap harinya (Amila Sari)