ADVOKASI, SOSIALISASI DAN KOORDINASI LINTAS SEKTOR DALAM RANGKA KAMPANYE IMUNISASI MEASLES-RUBELLA (MR) TINGKAT KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TAHUN 2018

Pembangunan Kesehatan menempati prioritas yang tinggi, sehingga menjadi agenda utama kita, baik pada tingkat pusat maupun pada tingkat daerah. Dalam rencana pembangunan jangka panjang (2005-2024) ditetapkan bahwa pembangunan kesehatan menuju ke arah pengembangan upaya kesehatan, dari upaya kesehatan yang bersifat kuratif bergerak ke arah upaya kesehatan preventif dan promotif, sesuai kebutuhan dan tantangan kesehatan.

Hak anak untuk hidup sehat, salah satunya akan terpenuhi dengan mendapatkan imunisasi dasar yang lengkap sejak anak tersebut lahir sampai dengan usia sebelum satu tahun. Memberikan imunisasi dasar lengkap yang berkualitas pada anak-anak di Kabupaten OKU berarti kita mempersiapkan generasi sehat dan cerdas, yang akan menunjang capaian Index Pembangunan Kesehatan Masyarakat OKU yang tinggi, dimana salah satu indikatornya adalah cakupan imunisasi dasar lengkap.

Pemerintah saat ini menyelenggarakan program imunisasi sebagai upaya preventif/ pencegahan terhadap penyakit menular tertentu. Prinsip terselenggaranya program imunisasi yang berkualitas adalah keterpaduan lintas sektor, bahkan seluruh komponen masyarakat. Kabupaten Ogan Komering Ulu pada tahun 2018, akan melaksanakan event akbar yaitu Kampanye Pemberian Imunisasi Measless Rubella (MR) pada bulan Agustus dan September secara serentak di 13 Kecamatan se Kab.OKU. Kegiatan ini juga dilaksanakan serentak di 17 Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Selatan dan 28 Provinsi se-Indonesia, sedangkan 6 Provinsi di Pulau Jawa telah sukses melaksanakannya tahun 2017.

Pada tanggal 11 Juli 2018 seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten OKU mengadakan acara Advokasi, Sosialisasi dan Koordinasi Lintas Sektor Dalam Rangka Kampanye Imunisasi MR di Lokalitbang P2B2 Baturaja. Acara dibuka oleh Wakil Bupati OKU (Bpk. Johan Anuar, SH) dan  dihadiri unsur muspida yang ada di Kabupaten OKU.

    

Adapun tujuan dari diadakan acara Advokasi, Sosialisasi dan Koordinasi Lintas Sektor Dalam Rangka Kampanye Imunisasi MR adalah :

  1. Mensosialisasikan kepada seluruh lintas sektor terkait dan menggalang komitmen, dukungan yang kongkrit, serta partisipasi aktif dari pimpinan daerah, pimpinan DPRD dan para pembuat keputusan dari seluruh lintas sektor.
  2. Peserta mengetahui tentang penyakit Campak dan Rubella
  3. Peserta mengetahui tujuan dilaksanakannya Kampanye Imunisasi MR
  4. Peserta mengetahui waktu dan tempat pelaksanaan Kampanye MR

Peserta dari acara ini Sebanyak 75 (Tujuh puluh lima) orang, yang terdiri dari  Pimpinan DPRD, Asisten III Setda OKU, Kabag.Kesra Setda OKU, Kepala puskesmas, Camat, Diknas, perwakilan UPTD Diknas seluruh kecamatan, organisasi agama, organisasi profesi, Kantor Kominfo, Kantor Kemenag, Ketua TP PKK beserta anggota, Ketua Dharma Wanita, POLRES, dan Rumah Sakit se-Kabupaten Ogan Komering Ulu. Narasumber pada acara ini adalah Konsultan MR Perwakilan UNICEF, Kemenag OKU, Diknas OKU dan Dinas Kesehatan Kab. OKU.

Jumlah sasaran kampanye MR Kabupaten OKU sebanyak 95.823 tersebar di 13 Kecamatan. Target yang harus dicapai agar anak terlindungi dari Penyakit Menular Measles (campak) dan Rubella (yang menimbulkan cacat pada bayi maupun anak) adalah lebih 95% dari  sasaran imunisasi MR mendapatkan imunisasi MR di bulan Agustus dan September. Jika 99% anak di Kabupaten OKU atau 95.823 anak mendapatkan imunisasi MR, maka kita semua patut bersyukur karena anak-anak OKU telah mendapatkan haknya untuk sehat dan terlindungi dari 2 jenis penyakit menular yaitu  Campak dan Rubella.

Untuk suksesnya penyelenggaraan kampanye imunisasi MR di Kabupaten OKU maka kita semua wajib menjadi motor penggerak sesuai tupoksi masing-masing. Kunci dan suksesnya kegiatan akbar ini adalah koordinasi, keterpaduan dimulai dari :

  1. Mempersiapkan data sasaran yang valid,
  2. Mengedukasi masyarakat untuk paham hak-nya memperoleh imunisasi MR,
  3. Penggerakan sasaran ke pos pelaksanaan yang telah ditentukan,
  4. Penyelenggaraan imunisasi yang berkualitas,
  5. Pemantauan atas capaian cakupan lebih dari 95% di setiap lokasi atau pos pelaksanaan (laporan harian berjenjang),
  6. Menggaungkan pelaksanaan kampanye imunisasi MR secara terus menerus melalui tiap kegiatan resmi ataupun tidak resmi.

    

Pada acara tersebut, telah dilakukan penandatangan kesepatan dukungan bersama untuk kegiatan kampanye imunisasi MR.

 

KESEPAKATAN-KESEPAKATAN

PADA HARI INI RABU TANGGAL 11 JULI 2018 DI LOKALITBANGKES P2B2 BATURAJA, TELAH DIADAKAN KEGIATAN PERTEMUAN ADVOKASI SOSIALISASI DAN KOORDINASI DALAM RANGKA PELAKSANAAN KAMPANYE MEASLES RUBELLA DI BATURAJA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU.

DENGAN HASIL KESEPAKATAN- KESEPAKATAN SEBAGAI BERIKUT :

  1. KAMPANYE MR MERUPAKAN PROGRAM NASIONAL. KEBERHASILAN PELAKSANAAN KAMPANYE MR MERUPAKAN TANGGUNGJAWAB SEMUA PIHAK, PEMDA PROVINSI SUMATERA SELATAN, KABUPATEN OGAN KOMERING ULU DAN SELURUH SKPD, MASYARAKAT, ORMAS, ORGANISASI KEAGAMAAN, ORGANISASI PROFESI, ORGANISASI WANITA SERTA SWASTA, BUKAN HANYA TANGGUNGJAWAB DINAS KESEHATAN
  2. PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN DAN PEMERINTAH KABUPATEN OGAN KOMERING ULU BERKOMITMEN MENCAPAI CAKUPAN MR >95% DENGAN LAYANAN YANG BERKUALITAS
  3. PERAN SERTA MASING-MASING PIHAK DIBUTUHKAN SEJAK DARI TAHAP PERSIAPAN, PELAKSANAAN DAN EVALUASI KAMPANYE MR.
  4. PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA PERLU MEMBUAT POKJA KAMPANYE MR YANG LANGSUNG DI BAWAH PIMPINAN KEPALA DAERAH UNTUK KOORDINASI SELAMA KAMPANYE BERJALAN AGAR CAKUPAN TERCAPAI DAN DAPAT MEMINIMALISIR PERMASALAHAN YANG ADA.
  5. PERAN DINAS KESEHATAN MENYIAPKAN SEGALA SESUATU TERKAIT OPERASIONAL MR, SEPERTI KEBUTUHAN VAKSIN DAN LOGISTIK, SDM UNTUK TIM PELAKSANA, MOBILISASI SOSIAL DAN BEBERAPA BAHAN KIE, MONITORING DAN EVALUASI.
  6. PERAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA DIPERLUKAN UNTUK MEMBUAT SURAT EDARAN DUKUNGAN KAMPANYE MR KEPADA INSTANSI DI BAWAHNYA, MENGINFORMASIKAN DAFTAR HADIR SISWA, MEMBANTU MENCATAT SISWA YANG TELAH DISUNTIK, MENYIAPKAN DUA RUANGAN UNTUK PENYUNTIKAN DAN OBSERVASI.
  7. PERAN KEMENAG DIPERLUKAN UNTUK MEMBUAT SURAT EDARAN DUKUNGAN KAMPANYE MR KEPADA INSTANSI DIBAWAHNYA, MEMBERIKAN PENJELASAN TENTANG MANFAAT IMUNISASI MR DAN HUKUMNYA, MEMBANTU PENDATAAN SASARAN BERDASARKAN DAFTAR HADIR SISWA UNTUK SEKOLAH-SEKOLAH DIBAWAH NAUNGAN KEMENAG, MEMBANTU MEMBERI PEMAHAMAN MELALUI PEMUKA AGAMA KEPADA KELOMPOK-KELOMPOK YANG MENOLAK KARENA PEMAHAMAN AGAMA.
  8. PERAN BAGIAN KESRA BERKOORDINASI DENGAN INSTANSI TERKAIT ( DINSOS) UNTUK MEMBUAT SURAT EDARAN DUKUNGAN KAMPANYE MR KEPADA INSTANSI DI BAWAHNYA, MEMBANTU PENDATAAN SASARAN ANAK-ANAK YANG TIDAK SEKOLAH DAN ANAK-ANAK JALANAN, MEMBANTU MENGINFORMASIKAN DAN MENDATANGKAN SASARAN KE POS-POS IMUNISASI.
  9. PERAN CAMAT, KEPALA DESA DAN JAJARANNYA UNTUK MENDUKUNG DAN BERKOMITMEN MENSUKSESKAN KAMPANYE MR DI WILAYAHNYA DENGAN MENGINFORMASIKAN KEPADA SELURUH WARGANYA UNTUK DATANG KE POS-POS IMUNISASI, MEMBANTU PENDATAAN SASARAN, TERLIBAT DALAM SUPERVISI DAN MONITORING SAAT PELAKSANAAN, MEMBANTU MEMBERI PEMAHAMAN KEPADA KELOMPOK-KELOMPOK YANG MENOLAK.

DEMIKIAN KESEPAKATAN INI DIBUAT DENGAN SEBENARNYA DAN SUNGGUH-SUNGGUH DEMI MENCAPAI SUMATERA SELATAN SEHAT BEBAS CAMPAK DAN RUBELLA.

 

Persiapan pelaksanaan kampanye imunisasi MR di kabupaten OKU terhitung 1 (satu) bulan lagi, maka diperlukan koordinasi terus menerus demi kemajuan persiapan sangat dibutuhkan, sehingga cakupan Kampanye Imunisasi MR di kabupaten OKU mencapai target lebih dari 95% dengan kata lain kita bersama bertekad 99% anak-anak OKU mendapatkan hak imunisasi MR untuk menuju generasi OKU sehat sebagai bentuk tanggung jawab bersama akan masa depan bangsa.

“MARI SUKSESKAN KAMPANYE IMUNISASI MR KABUPATEN OKU TAHUN 2018”

(Amrina Yulita)